ECU cbr thailand Bisa Eror akibat banyak pareasi kelistrikan

Motor injeksi sekarang ini sudah pasti menggunakan ecu/ecm sebagai otak dari sistem pada motor itu sendiri.Sebenarnya sistem ini merupakan sistem perbaruan dari sistem konvensional yang sebelum injeksi,karena semakin berkembangnya ilmu dan kemajuan teknologi yang sangat pesat akhirnya saat ini telah dikembangkan dan sudah lama dipakai sistem injeksi yang dimana menggunakan sistem electrikal yaitu ecu/ecm sebagai otaknya untuk memprogam,seperti sistem bahan bakar,pengapian,kelistrikan dll.

Ngomongin tentang ecu,sudah tau belum apa itu ecu/ecm???
Nah coba saya jelaskan nih...Ecu/ecm sebenarnya kependekan dari electrikal control unit,ecm(electrikal control modul)akan tetapi barang sama itu-itu juga.Ecu dengan Ecm bisa dikatakan sama.
Mengapa sih digunakan ecu?
Karena ecu berfungsi sebagai sumber program sistem kelistrikan dan sistem lainnya.ko bisa gitu??? Kaya komputer aja ya..hahaha,masa iya sihhh.
Memang benar ecu diibaratkan sebagai cpu dalam komputer yang memberi perintah.
Canggih ya sepeda motor di zaman sekarang padahal kita tau sendiri zaman kita kecil seperti apa coba kendaraan pada waktu itu.hahaha....coba flash back bentar.he...

Keunggulan sistem injeksi ini sangat irit bahan bakar dan ramah lingkungan tentunya,karena sisa pembakaran sedikit.keuntungannya karena pembakarannya lebih sempurna,ya jadi ada untungnya juga.soalnya program go green berjalan.Ya setidaknya mengutangi polusi di bumi ini.

Setelah dibahas tentang ecu diatas nah saya akan berbagi pengalaman nih...
Bikin penasaran aja,pengalaman apa nih.hahaha...
Yang pasti pengalaman yang positif-positif aja lah,yang negatif bukan pengalaman namanya,tapi musibah.
Nih begini ceritanya dengan pengalaman saya memakai cbr thailand 150 cc bisa dikatakan sebagai cbr cbu,karena itu lebih dikenal dikalangan pecinta cbr ya...pengalaman saya ini menjadikan saya berhati-hati dalam modifikasi kelistrikan.karena apa? Saya waktu itu memasang lampu variasi sama toa,soalnya saya anak club ya jadi ya saya ingin memasang variasi biar gak diledekin tetangga.hahahaha....
Tapi apa yang terjadi dengan motor kesayangan saya itu,??? Ngomongin kesayangan jadi inget sama pacar.Hadehhhhh....Tapi bener nih motor udah seperti pacar pertama malah karena kemana-mana nemenin saya terus,kasian sekali gara-gara tindakan bodoh jadi cbr ku sayang cbr ku malang.

Karena saya mencoba melakukan variasi dan memasang sendiri sistem kelistrikan tersebut dengan kabel yang seadanya,mungkin dengan tahanan yang berbeda bisa dikatakan ada yang korsleting.Akibatnya fatal sampai ecu diponis rusak total,ketika saya bawa kebengkel.katanya sih gara-gara sistem kelistrikan yang gak ok,soalnya gak mungkin kalo bawaan aslinya itu ecu masa pakai bisa sampai 4thunan bahkan lebih awet.Jangan sampai lupa juga bahwa sikring sangat penting dalam sisitem kelistrikan kendaraan,apa itu Fungsi sikring atau fuse dalam kelistrikan.Sebagai salah satu pecinta otomotif atau bahkan sebagai anggota club motor nggak ada salahnya jika mengerti dan memahami kendaraannya masing-masing,minimal yang sering ia pakai dulu.Karena apabila mengalami kendala dan kerusakan akan lebih mudah dan mengerti apa yang harus dilakukan ketika jauh dari tempat jasa servic atau repair.Karena saya sebagai salah satu anggota dari cbr club dari itu saya mengerti bagaimana cara berkendara yang baik dan mematuhi aturan,karena perlu diingat bahwa club motor bukanlah genk motor.Mungkin sekedar ingin berbagi pengalaman dan share kepada semua pembaca disini cbr club indonesia,jamnas & munas 1st 
Semoga pengalaman saya ini bisa mengingatkan kalian dan menginsfirasi kalian semua.



Gambar-gambar dokumenter jamnas dan munas cci yang pertama dicilodong depok.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »