Buat yang sudah biasa melakukan burn-out mungkin mudah ya,,,tapi bagaimana dengan yang masih belum bisa dan ingin melakukan hal tersebut tapi tidak tahu tekhnik dan caranya,nah disini saya akan berbagi caranya mudah-mudahan buat yang masih belajar dan iniing mencoba dengan membaca postingan ini jadi lebih mudah untuk belajarnya dan mudah-mudahan langsung sukses dan bisa dengan asap yang semakin banyak dan efek yang dihasilkan menjadi terlihat bagus ya.
buat pecinta motor dan suka freestyle hal ini sudah tidak asing lagi terutama anak club motor.
Biasanya burn-out dilakukan ketika seorang pembalap selebrasi,sering kita lihat pembalap kelas dunia seperti valentino rossi dan pembalap lainnya juga melakukan burn-out,hal ini dilakukan ketika mereka merayakan selebrasi atas hasil balap yang mereka lakukan,sebagai bentuk ekspresi kebahagiaan dan unjuk kebolehan mereka kepada fans akhirnya pembalap sering melakukan bur-out.
Bagaimana sih caranya burn-out itu?Saya kasih tau nih caranya ..
pertama perhatikan keadaan kondisi motor kalian apakah prima atau tidak,karena untuk melakukan burn-out dibutuhkan engine yang optimal untuk kuat memutarkan roda belakang dengan putaran yang besar,karena pada putaran pertama dibutuhkan torsi engine yang besar.Alangkah baiknya kalian mengganti oli mesin yang baru agar pelumasan lebih baik dan mesin tidak cepat panas karena putaran pada gigi satu harus mencapai rpm yang tinggi yaitu kira-kira 70-80 km/jam.
Kenapa saya sebut digigi perseneling satu?Ya karena untuk memutar roda belakang yg ckup berat dibutuhkan moment yang kuat...langkah-langkahnya sebagai berikut;
tekan handle rem depan kuat-kuat,ingat ya jangan sampai dilepaskan rem depan ini...karena akan berbahaya.Melakukan burn-out ditempat sepi ya jangan dilakukan dijalanan umum,karena bisa membahayakan pengguna mjalan yang lain.
setelah anda menekan handle rem depan dengan kuat yaitu dengan menggunakan dua jari yaitu telunjuk dan jari tengah ya,kemudian setelah itu masukan gigi perseneling ke gigi satu,setelah itu siap kan kaki anda untuk menahan ke tanah,usahakan tahan yang kuat gunakan kedua kaki anda untuk menahan sepeda motor anda dan untuk menyeimbangkan keadaan motor agar tetap tegak jangan sampai miring membanting kekiri ataupun kekanan,ingat lakukan ditempat yang sepi dan jangan lakukan di tempat yang berlumpur atau berkerikil banyak karena efek dan hasilnya tidak akan seperti yang diinginkan.
setelah kalian masuk digigi perseneling satu mulailah untuk menarik gas secara spontan ya,,jangan ragu-ragu untuk menarik gas pada putaran tinggi walaupun itu digigi satu,mungkin suara mesin akan berderu sangat keras abaikan saja,teruslah tarik gas sampai di rpm 70-80 rpm keatas dan rasakan keadaan motor anda pasti akan bergerak menyamping,tahanlah dengan kaki anda.Ingat jangan lepas rem depan anda,,,ketika ban depan sudah dirasa berputar teruslah tarik gas motor anda sampai benar-benar putaran ban anda semakin cepat dan mengeluarkan asap,kemudian lanjutkan untuk naik gigi perseneling ke gigi dua ,yaitu prosesnya haruslah cepat,dengan memainkan kopling,jangan sampai putarannya melambat karena gigi perseneling dua susah untuk memutarkan kembali putaran roda belakang ketika putaran nya sudah melambat,bisa terjadi ban kembali berhenti berputar malah kalau anda kurang cepat memainkan dan melepaskan kopling,seperti itulah kira-kira cara melakukan burn-out ya,mudah-mudahan anda bisa melakukannya lebih baik daripada saya.
Agar efek asap yang keluar lebih banyak gunakan air agar asapnya tambah banyak,akan tetapi ini akan menyebabkan ban anda lebih cepat aus.Semoga berhasil buat yang mau mencoba melakukan burn-out.