Ketika kendaraan tersebut sering di gass full atau digeber,maka mesinpun cepat panas walaupun ada system pendinginan cairan coolen ataupun udara.
Hal tersebut mengakibatkan mesin cape dan part didalamnya pun akan cepat mengalami keausan.
Maka seringlah service secara teratur untuk tetap menjaga performa mesin agar tetap baik dan nyaman ketika dipakai.
Yang terpenting harus dilakukan adalah ganti oli,tune up,cek tekanan angin ban,periksa bagian komponen pengereman dan cairan pendingin mesin.
Ketika kendaraan bermotor terutama sepeda motor honda,kenapa ? Karena saya akan mengulad dan memberikan sedikit ilmu dalam menyetel katup/klep,karena service besar biasanya sampai menyetel katup karena ada kemungkinan aus ataupun kendor.
Namun kali saya hanya memberikan gambar engine dari vario 125cc.
Sebelum menyetel katup harus diperhatikan sudut timing...yaitu posisi piston ada di titik mati atad/TMA.dengan melihat posisi baut sproket harus dalam keadaan deperti diatas,antara posisi crankshaft yg terdapat tanda kuning searah lurus kearah sproket yang dalam keadaan bautnya seperti diatas/posisi horizontal yang sejajar.Baru kita mulai seting katup ex dengan ukuran filler 0,18 dan in,0,12 untuk vario ini 110 cc,dan seperti gambar diatas adalah engine vario 125cc dengan ukuran filler gauge untuk katup in, 0,10 dan ex 0,24. Nah seperti itu kira-kira penjeladan singkatnya.