Honda juga mendukung program ramah lingkungan,yaitu kendaraan dengan emisi gas buang yang terkontrol yang telah lulus uji emisi.Hal tersebut membuktikan bahwa kendaraan bermotor yang diproduksi honda sudah pasti ramah lingkungan dan honda menjadi salah satu pelopor go green...sayangi bumi kita ini ya!!!
Teknologi honda yang telah terkenal dan dikembangkan terus sampai saat ini salah satunya adalah dari system suplai bahan bakar,kompresi dan pengapian,yaitu kita kenal dengan system pgm-fi.
System ini sebenarnya sudah diterapkan lebih dulu pada kendaraan bermotor roda empat.system ini disebut system Efi(electrikal fuel injection).
Karena perkembangan yang baik dan sukses diterapkan juga pada sepeda motor yang dinamakan honda sebagai system pgm-fi yaitu kependekan dari programed fuel injection artinya adalah system penginjeksian bahan bakar yang terprogram.Kenapa dikatakan terprogram?
Karena pada system ini bahan bakar diatur lebih teratur sesuai kebutuhan dan perbandingan dengan udara yang masuk keruang bakar.Kenapa kok bawa-bawa udara(oksigen) keruang bakar sih? Nah mungkin banyak yang belum tahu kenapa dibutuhkan udara dalam proses pembakaran diruang bakar tersebut.Ingat ya bahwa syarat terjadinya pembakaran adalah harus adanya tiga syarat seperti:
- Adanya bahan bakar.Dalam hal ini berarti ( bensin premium,pertamax,dll)
- Adanya udara/oksigen(udara merupakan sesuatu yang kasat mata yang hanya bisa kita rasakan keberadaannya)
- Adanya api( berasal dari percikan bunga api dari busi)
Masih bingung kah???
Ingat ya bahwa dalam system pgm-fi itu tidak terdapat karburator melainkan trottle body,ini adalah pengganti dari karburator.karena trottle body lebih simple dari karburator.Didalam trottle body terdapat skep(seperti keran penutup dan pembuka saluran bahan bakar dan udara ,terdapat juga setelan untuk kabel gas,karena skep dan kabel gas pasti saling berhubungan satu sama lain.
Kembali lagi tentang ECU/ECM komponen yang satu ini berperan sangat penting dalam system pgm-fi ini,mengapa begitu?Karena ecu tersebut adalah suatu komponen yang bisa kita ibaratkan sebagai jantung sekaligus otak dari system pgm-fi ini,kerja dari ecu tersebut adalah menerima sinyal" perintah dari sensor-sensor yang ada dalam kendaraan system pgm-fi tersebut kemudian memberikan perintah seperti yang telah saya jelaskan diatas pada proses pembakaran.
Perlu di ingat,ketika ecu bermasalah maka system yang berkaitan dengan kelistrikan akan terganggu.
Keuntungan system pgm-fi,adalah lebih irit,ramah lingkungan.
Catatan: Dikatakan lebih irit karena sudah terprogram oleh ECU,dan pada system ini menggunakan fuelpump(pompa bahan bakar/bensin),berbeda dengan system konvensional yang masih menggunakan karburator.karena bensin akan turun dengan bebas dan masuk keruang bakar tanpa terprogram,hal tersebut sedikit membuat bahan bakar terbuang percuma.