Nah gimana sih sepeda motor bisa berjalan,bahkan bisa melaju sangat cepat sampai beberapa kilometer perjam.
Sesungguhnya itu semua tidaklah aneh kalau kita tau cara kerjanya.Akan tetapi saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara kerja dari sepeda motor itu sendiri,namun saya hanya akan berbagi ilmu sesikit tentang cara cek busi atau melihat pengapian di busi baik atau tidak.Sedikit ilmu asalkan di amalkan mudah-mudahan bermanfaat ya...
Alasan kenapa ketika motor brebet atau bahkan sampai mogok,itu bisa disebabkan dari salah satunya yang saya jelaskan ini.Yaitu pengapian busi...karena tidak memercikan bunga api.bisa disebabkan umur busi sudah ujur.hahaha...
Atau bahkan dari kabel busi ada masalah seperti robek pada bagian cangklong busi/penutup plat yang terbuat dari karet.itu lho yang dari koil ke busi,tau dong...
Atau bisa saja dari koilnya yang rusak.
Inilah langkah cek bunga api pada busi
1.lepaskan kabel tekanan tinggi dari koil yang menuju ke busi..kita sebut bahasa bengkel biasanya cangklong,atau penutup kepala busi.
2.lepaskan busi dengan kunci busi...jangan lupa langkah dari awal tadi posisi kunci kontak harus dalam posisi off
3.setelah busi terlepas,hubungkan kembali cangklong tadi atau kabel tegangan tinggi yang dari koil ke busi,seperti sebelum dilepas pada langkah pertama tadi.
4.setelah kabel terpasang pada busi,lalu pegang bagian tengah busi lalu bagian keluarnya bunga api kita tempelkan ke ground/massa,dalam hal ini kita dekatkan saja ke besi body atau blok mesin...
5.ketika kita tempelkan,kunci kontak lalu pada posisi ON kan dan starter atau kick starter,apabila busi tersebut mengeluarkan bunga api yang memercik dengan warna biru dengan api yang konstant berarti busi masih dalam keadaan baik,api yang tidak biru menandakan kualitas busi kurang baik.
Banyak perbaikan darurat yang bisa dilakukan ketika busi tidak memercikan api sama sekali...yaitu dengan cara bersihkan bagian dioda busi dengan bensin dang hampelas/sikat kawat,ukurlah jarak dioda dengan filler gauge apabila terlalu renggang bisa dengan menggetok sedikit agar tidak terlalu renggang.cek koil juga apabila ada kemungkinan rusak atau tidak bisa menaikan tegangan secara maksimal,dimana fungsi dari koil adalah menaikan tegangan.
Semoga bermanfaat...cari tau tentang otomotif knowledge disini,dengan menambah ilmu dan pengetahuan otomotif kalian mycancer91.blogspot.com
Tentang honda beat injection dan semua yang ada didalamnya seperti roller dan pully drive,dll.
cukup sampai disini postingan kali ini,besok- besok saya kasih postingan tentang otomotif dan untuk menambah pengetahuan kalian semua.