Roller BeAt dan vario berbeda

Kembali lagi disini saya membahas tentang honda beat,siapa yang tak kenal dengan motor produksi PT.AHM(Astra Honda Motor) ini yang lincah,gesit dan irit.Kalau ngomongin honda ya pasti terkenal irit bbm yaaa...mesin bandel,sudah pasti.
Honda selalu melakukan inovasi terhadap produk terbarunya,disetiap sistem motor produksi honda ini selalu mengeluarkan terobosan yang bagus.
Bahkan sekarang sistem starter sudah tidak mengeluarkan bunyi lagi itulah teknologi honda yang dinamakan Esp.tetapi disini saya tidak akan membahas itu.saya akan mengulas sedikit tentang pully primer(pescomp)dan roller vario 110 cc.



Honda beat lebih gahar alias gesit diputaran bawah dari pada vario...Akan tetapi vario mempunyai nafas yang panjang diputaran atas,jadi kesimpulannya beat nafasnya pendek walaupun putaran bawahnya gesit.
Dizaman sekarang ini hampir semua motor sudah pada injeksi ya,malahan semua pabrikan diindonesia ini sepertinya semuanya sudah memproduksi sepeda motor dengan sisitem injeksi ,ngomong-ngomongin injeksi nih...balik lagi ke roller tentang beat dan vario ya.
Bobot roller beat berbeda dengan vario 110cc apalagi vario 125cc jelas perbedaannya.
Dilihat dari lubang roller beat lebih kecil 2mm dari pada vario yang berjarak 12,7mm.
Karena alur lebih kecil bobot roller pun dibuat ringan,yaitu Mempunyai diameter 16mm dan beratnya 11,5gram.
                                               
                                                        

                                                                                                                Sedangkan untuk vario mempunyai diameter 18mm,dan mempunyai bobot 13gram.Sudah jelas bahwa beat mempunyai keunggulan pada tarikan bawah,dan vario mempunyai keunggulan pada putaran atas yang mengakibatkan nafas panjang pada rpm tinggi.Berikut dibawah ini adalah penampakan dari pully sekunder milik vario...

Inilah pully drive sekunder dari vario 110cc,nah yang diatas tadi adalah pully primer/fescomp,yaitu tempat tinggalnya si roller tadi.Nah jelaskan bedanya beat dengan vario walaupun cc nya sama tapi ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing,so..didunia ini tidak ada yang sempurna ya,semoga bermanfaat artikelnya dan menjadikan pembaca tambah lebih tahu tentang otomotif ya,,,terutama tentang honda dan kunjungi artikel atau postingan saya,artikel terkait lainnya di mycancer91.blogspot.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 comments

comments
June 17, 2016 at 6:20 AM delete

Motor saya beat fi...kmrn salah beli roller yg ternyata roller pinya vario,,,bukan nafas panjang yg didapat tapi mesin jadi teriak di putaran bawah sehingga konsumsi bahan bakarpun ikut boros...
Buat pelajaran aja, kadang montir suka bilang kalo roller beat sama dengan beat, padahal beda...kalo beli roller liat kodenya deh supaya ga salah lagi

Reply
avatar
June 17, 2016 at 6:39 AM delete

iya memang jelas berbeda mas didik, dari fescomp(rumah roller) nya saja beat lebih kecil dibandingkan vario

Reply
avatar
Anonymous
January 15, 2018 at 2:44 AM delete

Starter ga bunyi lg itu nama teknologinya ACG starter om.. Bukan ESP.. ESP itu echanced smart power.. Teknologi ruang udara filter..

Reply
avatar
January 20, 2018 at 8:07 PM delete

Kalo roler vario lama di pasang ke beat fi esp apakah bisa

Reply
avatar
January 20, 2018 at 8:07 PM delete

Kalo roler vario lama di pasang ke beat fi esp apakah bisa

Reply
avatar