Cara mencari posisi Top kompresi

Kembali lagi disini saya akan memberikan pengetahuan tentang otomotif ya...supaya kalian semakin tau dan bertambah pengetahuannya...mungkin kalian heran apa si maksudnya posisi top itu.
Apakah sejenis makanan.hahaha
Seperti yang dijualin di warung?he...itu kan coklat Top.Akan tetapi bukan itu yang saya makaudkan disini,baiklah tak perlu bertele tele langsung saya jelaskan saja.
Posisi top adalah posisi dimana piston/seher berada pada TMA yaitu titik mati atas,dan posisi dari sproket keteng berada sejajar lurus antara baut knocknya.baut knock adalah baut pengunci sproket ya...
Seperti ini penampakannya

cara mencari posisi top kompresi
Nah baut dengan kepala kunci L itu adalah baut knock,cuman pada gambar diatas posisinya agak miring ya...usahakan posisinya harus lurus ya sebelum menyetel katup/klep,karena itu adalah syarat dari posisi Top.
Ada lagi syarat posisi top adalah plat kecil pada crankshaft juga harus lurus kearah tengah diantara dua baut sprocet itu.
Inilah penampakan plat kecil yang ada pada ujung crankshaft...

cara mencari posisi top kompresi
Inilah plat kecil yang dimaksud...seperti dibawah ini.
Dari ujung crankshaft ada tanda marking kuning nah itu harus lurus sampai diantarabaut knock pada sprocket.itu adalah posisi dimana piston dalam posisi top kompresi atau pada TMA(titik mati atas) posisi inilah yang pas cara setel katup Honda beat dan vario 125cc
Karena untuk menyetel katup sangatlah penting mengetahui posisi Top.semoga bermanfaat...
Cari tau juga tentang Honda beat injection,tentang cara kerjanya dan bagaimana keunggulan,keuntungan dan kerugiannya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »