Rachet untuk engkol atau kick starter

Mengapa dalam dunia otomotif selalu kita sering dengar sistem elektric dan manual apa sebenarnya itu?
Sistem elektric itu adalah sistem dengan komponen kelistrikan sebagai sumber arus biasanya dari aki/accu,tujuannya untuk memepermudah sipengemudi dan memanjakan sipengemudi.Bedanya dengan sisitem manual adalah ketika elektrical memakai arus listrik dan saklar,dalam sistem manual ini biasanya hanya memakai otot si pengemudi itu sendiri,ya benar...misalkan sebagai contoh saja simplenya nih. Dalam sistem starter motor,ada yang elektric yaitu tinggal pijit saklar atau knop starter lalu setelah itu secara otomatis mesin hidup dengan mekanisme motor starter.Hal ini akan beda sekali dengan sistem starter manual yaitu biasa dikenal dengan kickstarter,atau engkol.
Bagaimana sih cara bekerja didalamnya?
Nah...ketika sistem starter elektric itu menggunakan sumber arus dari aki/accu.akan tetapi saya tidak akan jelaskan sistem starter elektric disini,karena saya sudah membahas pada postingan sebelumnya,mungkin apabila kurang lengkap dan jelas akan saya tambahkan pada postingan selanjutnya.
Disini saya lebih fokus akan menjelaskan sistem manual yaitu kick starter karena berhubungan dengan topik utama postingan kali ini yaitu rachet.
Apa sih rachet itu,dan bagaimana tampilannya???
Sepertinya kalau penjelasan tanpa dibarengi dengan gambar,seperti sayur tanpa garam ya.hahaha....
Baiklah saya kasih gambarnya nih..seperti pic dibawah ini ya...
Komponen yang satu ini akan menjepit facedrive yang akan berhubungan dengan pinion gear saat starter awal.Dan rachet sebagai penerus starter awal saat manual starter/kickstarter,karena rachet pada tutup cvt/cover cvt yaitu komponen gearkomp,akan berhubungan dengan rachet pada crankshaft ini yang seperti gambar diatas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »