Oil Seal Honda Beat Cegah Bocornya Oli Mesin

Oli mesin sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin itu sendiri,bayangkan jika mesin tidak mendapat pelumasan oli apa yang akan terjadi?
Apakah tau manfaat dari oli sebagai pelumasan dan sebagai pendingin antara gesekan bagian dari gear yang sedang bekerja dengan kecepatan tinggi.Otomatis suhu yang disebabkan dari gesekan akan sangat panas sehingga membutuhkan pelumasan dan pendingin seperti oli.
Nah bayangkan saja jika tidak adanya oli sebagai pelumas dan pendinginan maka yang akan terjadi adah bisa sampai mesin jebol dan gear rontok /patah.
Oli mesin sendiri berbeda dengan oli gardan,oli gardan mempunyai kekentalan yang lebih  kental dari pada oli mesin,kenapa?ya...karena oli mesin hanya untuk pelumasan yang tidak terlalu berat daya geseknya tidak seperti oli gardan yang mempunyai kekentalan lebih kental,karena untuk pelumasan bearing dan pemindah daya ke subdrive/as roda belakang,kalian tau sendiri bahwa sepeda motor mempunyai penggerak di belakang.
Seperti dalam hal ini Bearing atau Klaher Honda Beat dan scoopy

Akan tetapi bukan bearing yang saya bahas disini,kembali lagi tentang topik utama adalah oil seal.
Seperti apa si oil seal itu?sebenarnya banyak oil seal dalam sepeda motor,seperti oil seal shock depan,dan oil seal crank shaft yang berfungsi untuk mencegah bocornya oil(oli) mesin,karena saya sudah jelaskan resikonya diatas bagaimana ketika tidak adanya pelumasan oli apa yang akan terjadi kan...
Masih belum tau bagaimana oil seal?seperti apa coba...
Nah saya disini kasih gambarnya ya,seperti gambar yang satu ini ada oil seal sebelum dan sesudah terpasang pada crankshaft yang didalamnya ada oil mesinnya.

inilah gambarnya seal yang sudah dipasang dan belum dipasang pada crankcase dan crankshaft.lihat saja yang belum terpasang masih kelihatan gear nya kan...Nah,apabila tidak ditutup maka oil mesin akan tumpah kemana-mana bahkan mesin kosong tanpa oli akan bisa terjadi turun mesin.Seperti itu kira-kira manfaat yang sangat penting dari oli dan oil seal tentunya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »