Bearing atau klaher honda beat dan scoopy

Kali ini saya akan memberi sedikit ilmu nih.hahaha....ilmu apa tuh???
Yang pasti bukan ilmu yang negatif ya,ilmu yang sedikit asalkan di amalkan mudah-mudahan bermanfaat buat pembaca ya.
Dizaman sekarang ini banyak sekali orang yang bepergian jauh dengan menggunakan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor,mungkin banyak yang hanya bisa memakai saja kendaraannya tanpa tau bagaimana cara merawat nya dan gimana sih daleman dan isi dari kendaraan tersebut...apa sajakah komponen atau sparepart yang ada didalamnya.Perkembangan otomotif masa sekarang ini sangatlah pesat jadi kita harus selalu mencari tau dan belajar agar tidak terlalu ketinggalan alias Gaptek.
Saya akan mencoba memberikan sedikit gambaran dan penjelasan tentang bearing.Apakah kalian tau apa itu bearing? Bearing itu sama dengan klaher atau laher,itu lho yang bulat ada bola-bola kecil didalamnya yaitu fungsinya sebagai bantalan...kalau bearing sudah tidak layak pakai biasanya akan menyebabkan oblak.

Bearing yang akan saya jelaskan adalah mengenai bearing scoopy dan honda beat ya...itu ukurannya sama untuk cc yang 110 cc.Nah bearing yang saya bahas adalah bearing mission case atau sering dikenal gardan.
Inilah ukuran bearingnya yaitu
Bearing dengan kode 6204
Bearing 6301 dan bearing 6302
Bearing tersebut semuanya ada pada bagian dalam mision case atau sering disebut gardan,diberi pelumasan dengan oli gardan bersama dengan gear konter dan gear final.untuk gambarnya saya sendiri belum bisa saya tampilkan sekarang pasti di postingan selanjutnya saya tampilkan biar lebih jelas dan mudah di mengerti.

Catatan penting dari saya cek selalu oli gardan walaupun tidak terlalu sering seperti oli mesin...karena oli gardan juga sangat penting untuk pelumasan bagian yang saya sebutkan tadi,apabila jarang ganti oli gardan akan terdengar suara berdencit karena bearing cepet aus dan gear akan cepet aus juga.
Inilah gambar bearing misio. Case/gardan seperti gambar siatas nah yang paling atas adalah bearing dari subdrive / penerus ke as roda belakang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »