Sensor Speed Vario 125cc

Bagaimanakah anda tau bahkan bisa mengetahui berapa kecepatan sepeda motor matic kalian,mungkin sepeda motor type bebek mempunyai kabel kilometer yang menempel diantara velg dan shock depan kan,bicara soal motor matic terutama disini saya jelaskan tentang speed sensor untuk type motor matic yaitu vario 125 cc.
Gimana sih cara kerjanya sampai bisa mengetahui kecepatan laju motor yang kita kendarai padahal bentuk dan ukuran sensor ini hanya seperti gambar dibawah ini.



Sensor speed ini akan ditempel dengan dibaut tentunya yaitu pada crankcase L ,jelas pasti ada kabel penghubung dari socket sensor ini yaitu penghubung ke ecu tentunya,yang akan di jelaskan atau diberikan ke dashboard.
Apa itu dashboard?Itu lho yang seperti kaca letaknya pas di stir motor ,biasanya ada jarum-jarum penunjuk bensin dan kilometer,untuk jenis analog...tapi ada juga yang digital.
Saya memberikan gambar sensor speed tanpa kabel ya...sebenarnya apabila sudah dipasang soket tersebut terusannya yaitu ke kabel kilometer,namanya juga sensor speed pasti tentang kilometer lah...
Cara kerjanya adalah dalam sensor speed (pada gambar yang paling atas),terlihat ada bulatan bening seperti besi,nah itu bukan besi akan tetapi magnet yang nantinya akan memberikan sinyal akibat dari adanya getaran dan putaran dari gear conter dan gear final yang akan meneruskan putaran dari subdrive ke roda belakang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »