Starter Manual atau kick Starter dan Mengenal Masalah Starter

Starter pada sepeda motor sudah mengalami kemajuan dari mulai yang manual atau sering disebut dengan kick starter atau dalam bahasa terkenalnya sering disebut dengan engkol.
Sampai sekarang ini sistem starter sudah menjadi starter elektrik.Yaitu sistem start yang menggunakan kelistrikan atau disebut dengan elektrical,sistem ini memanjakan pemakai sepeda motor di zaman sekarang ini.Karena dengan sistem starter elektrik tidak harus menggunakan kekuatan otot kaki untuk menekan tuas start yang berada pada bagian bawah di sepeda motor.Biasanya komponen yang satu ini diletakan dekat dengan bagian kaki seorang pengendara yaitu tepatnya dibagian kanan bawah dari sepeda motor umumnya.
Starter elektrik mempunyai kelemahan,yaitu jika accu/aki tegangannya tidak cukup maka staarter pun tidak bisa dilakukan,karena sistem elektrik pada motor sumber utama arusnya yaitu dari aki sampai ada pengisian dari spull atau stator.jika ingin tau tentang spull atau stator dan jalur arusnya >>> stator atau spull jalan dan alur arus listrik pada motor bakar/sepeda motor.
Disini saya jelaskan tentang starter manual,saya mulai dari sini.

Starter manual adalah pengganti atau bisa dikatakan sebagai cadangan dan membantu ketika starter elektrik tidak bisa digunakan karena beberapa faktor seperti:aki soak dan tekor,ada kabel wire yang putus,kelistrikan mengalami trouble,tombol atau switch starter bermasalah,dan banyak lagi faktor lainnya seperti yang sering terjadi yaitu fuse/sikring putus yang mengakibatkan arus tidak bisa diteruskan,disini saya jelaskan tentang Fungsi Sikring Atau Fuse agar lebih paham dan mengerti.
Setelah memahami sistem starter elektric yang mempunyai kelemahan maka dari itu dibuatlah sistem starter cadangan seperti yang dijelaskan disini tentang starter manual/kick starter,namun starter manual juga mempunyai kelemahan ketika komponennya juga bermasalah.Semua itu dirasa wajar kan ketika kendaraan sudah mencapai masa pemakaian yang cukup lama itu memungkinkan komponennya terjadi kerusakan. Inilah komponen dari kick starter yang ada pada bagian dalam/cover engine(penutup cvt).

Komponen tersebut adalah gearkom berfungsi untuk membalikan ke posisi semula tuas engkol.



Semoga dengan penjelasan dan gambar diatas bisa membuat kalian lebih mengerti dan paham ketika ada masalah yang terjadi pada sepeda motor yang bermasalah pada kickstarter/starter manual.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »