Stator atau spull jalan dan alur arus listrik

Kali ini saya akan sedikit memberikan penjelasan tentang stator atau lebih dikenal dengan nama spul jalan.mungkin belum banyak yang tau gimana sih wujud atau penampakan dari benda ini,hahaha...penampakan emang makhluk gaib.
Sebenarnya dalam kendaraan bermotor itu banyak mengadopsi tentang ilmu alam,lebih jelasnya saya sebutin fisika. Soalnya stator menerapkan tentang daya elektro magnetik. Ada yang masih ingat apa itu daya elektro magnetik?
Ya udah saya jelasin disini sekalian,daya elektro magnetik adalah ketika suatu kumparan atau lilitan dari suatu bahan yang dapat menghantarkan listrik disini kita sebut(tembaga) ,diberikan arus listrik maka akan terjadi kemagnetan.
 Disini kita bahas spul/stator berarti dalam sepeda motor kan...nah arusnya beraryi dari accu/aki.sebagai pengetahuan"aki ada sua macam yaitu aki keeing dan basah".tapi disini saya tidak akan membahas masalah itu.
Saya mulai penjelasan tentang hubungan antara aki,spul jalan/stator,kiprok/regulator,dan beban..seperti lampu,klakson,fuel pump/pompa bahan bakar,dll.
Inilah rangkaian singkat hubungan arus komponen-komponen tersebut..
          Ketika kunci kontak on arus dari aki positif masuk ke terminal yang ada di kiprok dan arus keluar melalui terminal out put,masuk ke lilitan/kumparan input stator dan keluar melalui output stator(disini arus telah berubah menjadi Dc),lalu masuk ke terminal yg ada dikiprok untuk jalur pengisian / charging aki,yang sekaligus menghubungkan positif,negatif arus untuk beban(lampu-lampu,klakson,fuelpump,dll).                                            

           
Seperti itu kira-kira penjelasan sangat singkat tentang stator atau spul jalan,semoga ilmu pengetahuan pembaca bertambah dan postingan kali ini bermanfaat.                        

Share this

Related Posts

First