Tips Menjadi Rider Yang Baik

sebelum anda mengguakan kendaraan bermotor baik itu sepeda motor ataupun mobil alangkah baiknya jika anda mengerti tentang otomotif walaupun hanya sedikit,jika anda mengerti tentang otomotif maka anda tidak akan kesulitan jika terjadi sesuatu pada kendaraan anda.Misalkan anda sedang bepergian jauh dan anda tidak menemukan tukang reparasi atau tukang service / bengkel,maka apa yang akan anda lakukan?minimal tindakan pertama yang akan anda lakukan adalah apa.
Oleh karena itu anda sangatlah diharuskan untuk mengerti sedikit-sedikit tentang motor atau sering disebut dalam bahasa lebih umumnya adalah otomotif.
Apakah yang anda lakukan ketika pertama anda akan menyalakan mesin motor anda?
Apa yang akan anda check dalam kendaraan anda sebelum anda bepergian jauh,dan apa yang anda bawa,apa yang anda persiapkan sebelumnya.





Sebagai salah satu pecinta kendaraan terutama sepeda motor ataupun itu misalkan sebuah mobil,anda perlu setiap saat melakukan pengecekan berkala .
Sebelum anda menyalakan mesin di saat pagi hari sebelum anda memulai beraktifitas adalah selalu cek bagian cairan terutama oli,setelah itu lihat banyaknya oli dan lihat kekentalan oli dan warna oli tersebut apakah sudah berubah warna karena panas mesin yang setiap saat anda pakai,ataupun telah berkurang oli kendaraan anda karena proses penguapan karena panas mesin,ataukah karena waktu sudah lama,kita tahu bahwa oli juga mempunyai masa kedaluarsa ,walaupun motor anda jarang dipakai bukan berarti oli anda selalu bagus ya..Kemuidian selanjutnya adalah anda harus mengecek bagian pendinginan yaitu radiator,periksa apakah selang radiator ada yang terkelupas karena sudah termakan usia yang cukup lama,atau ada selang yang bocor,ataupun radiator anda bocor.
Periksa sirip-sirip pendingin radiator apakah masih bagus atau sudah penyok-penyok,cek air radiator/coolant,periksa juga coolant dalam recervoir tank atau sering disebut bak penampungan coolant.
Jangan lupa cek bahan bakar anda apakah sudah cukup untuk perjalanan yang akan anda tempuh,pastikan pompa bahan bakar berfungssi dengan baik"untuk jenis injeksi".
Periksa tekanan angin di ban,usahakan sesuai yang disarankan.Jangan lupa untuk memakai atribut sesuai dengan keamanan,safety first.Patuhilah aturan lalu lintas dan saling menghargai dan menghormati sesama pengguna jalan umum.
Itulah tips dan saran sebelum berkendara!!!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »