Elektric Motor

motor adalah penggerak,dan lebih dikenal sebagai motor bakar.Dizaman sekarang ini perkembangan motor sangatlah pesat karena kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang sangat signifikan,bukan hanya itu saja motor juga mengalami perkembangan demi perkembangan.
Berbicara soal motor apakah anda tahu apa definisi dari motor bakar ?
Saya jelaskan ya...Motor bakar adalah suatu perangkat engine/mesin yang merubah energi panas menjadi energi mekanik/gerak.

Motor bakar dibagi menjadi dua ,yaitu motor bakar pembakaran dalam dan motor bakar pembakaran luar.
Apa itu motor bakar pembakaran luar?Motor bakar pembakaran luar adalah suatu mesin yang mempunyai sitem pembakaran yang terjadi diluar dari pada mesin itu sendiri,contohnya :mesin uap.
Sedangkan motor bakar pembakaran dalam adalah,suatu mesin yang pembakarannya pada umumnya terjadi didalam mesin itu sendiri.Sebagai contoh adalah:sepeda motor di zaman sekarang ini.

Sepeda motor dijaman sekarang ini pada umumnya mempunyai sistem pembakaran yang terjadi didalam engine itu sendiri,setelah mengalami perkembangan dan kemajuan demi kemajuan dan meningkatnya pengetahuan dan teknologi dizaman sekarang ini sepeda motor telah dilengkapi dengan teknologi yang canggih.





Motor bakar dibagi menjadi 2 berdasarkan sistem penyalaannya:
  1. motor bensin,motor bensin biasanaya dilengkapi dengan busi dan karburator ,didalam karburator sebagai penyuplai bahan bakar dari tanki,kemudian masuk ke saluran intake pembakaran dan busi memercikan bunga api karena diberi tegangan dari koil,Baca juga tentang fungsi coil, kemudian udara dipampatkan dan menghasilkan daya,akibat pencampuran ideal antara bahan bakar dan udara dan adanya percikan bunga api dari busi yang pada akhirnya menghasilkan energi gerak yang diteruskan melalui mekanisme gear-gear dan rantai tertentu yang menghasilkan gerak.Akan tetapi perkembangan sekarang di dunia otomotif sangat begitu pesat sehingga teknologi injeksi pun sekarang telah banyak diterapkan di sepeda motor.Apabila anda belum mengerti tentang motor injeksi silahkan baca disini honda pgm-fi system
  2. motor diesel,motor diesel adalah motor bakar torak yang berbeda dengan  motor bensin,mengapa?Ya karena proses pembakarannya bukan menggunakan loncatan bunga api busi,akan tetapi pada saat torak akan mencapai TMA(titik mati atas)bahan bakar disemprotkan kedalam ruang bakar,maka terjadilah pembakaran karena udara dalam silinser sudah bertemperatur tinggi.
Didalam motor bakar ada dua mekanisme penyalaannya yaitu motor bakar electric dan manual,motor bakar dengan penyalaan atau penghidupannya adalah dengan sistem electric yaitu seperti sistem starter dengan bantuan dinamo/motor starter yang menggabungkan antara sistem kelistrikan untuk memutar dinamo tersebut.
Hal ini sangat berbeda dengan sistem penghidupan dan penyalaan mesin pada sistem manual yaitu dengan engkol atau lebih dikenal dengan kick starter.
Baca juga tentang cara kerja motor bakar.Itulah pengertian dan macam-macam motor bakar yang saya jelaskan kali ini,semoga anda mengerti dan bisa bermanfaat untuk pembaca.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »